Sabtu, 05 Januari 2013

Kenapa Harus Matematika

Matematika adalah  ilmu dasar yang mempunyai peranan penting dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Para ahli berpendapat bahwa matematika sebagai ratunya ilmu. Lebih lanjut Ruseffendi (1991:260) mengatakan bahwa matematika adalah ratunya ilmu (mathematic is the queen of sciences), maksudnya adalah matematika itu tidak bergantung pada bidang studi atau mata pelajaran lain.
Ada banyak alasan perlunya belajar matematika, salah satunya menurut  Wahyudin (2003, 7) yang mengemukakan bahwa alasan perlunya belajar matematika, karena matematika merupakan (1) satu dari sekian banyak pelajaran kurikulum sekolah yang penekanannya lebih besar daripada pelajaran lain, ( 2) bernilai guna dari sejumlah sisi, (3) alat komunikasi yang tangguh, singkat, padat dan tak memiliki arti ganda, (4) menghadirkan informasi dalam berbagai cara misalnya grafik atau diagram, (5) kepentingan dan kebergunaan bagi berbagai bidang pelajaran lain, dan (6) mengembangkan kemampuan berfikir secara logis, akurasi serta kesadaran yang menyertainya.
Menurut  Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003  materi pembelajaran yang menjadi objek belajar yaitu: Pendidikan Agama; Pendidikan kewarganegaraan; bahasa; matematika; ilmu pengetahuan alam; ilmu pengetahuan sosial; seni, budaya, dan olahraga; serta ketrampilan, kesenian, dan muatan lokal.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (2006:346) telah merumuskan tujuan pembelajaran setiap mata pelajaran. Adapun tujuan pembelajaran mata pelajaran matematika yaitu:
1.      Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah.
2.  Menggunakan penalaran pada pola dan sikap, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
3.  Memecahkan masalah yang meliputi merancang model matematika, menyelesaikan dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4.    Mengkomunikasikan gagasan, simbol, tabel, dan diagram untuk memperjelas keadaan suatu masalah.
5.  Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika, rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar