Matematika adalah ilmu dasar yang mempunyai peranan penting
dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Para ahli berpendapat bahwa matematika
sebagai ratunya ilmu. Lebih lanjut Ruseffendi (1991:260) mengatakan bahwa
matematika adalah ratunya ilmu (mathematic
is the queen of sciences), maksudnya adalah matematika itu tidak bergantung
pada bidang studi atau mata pelajaran lain.
Ada banyak alasan perlunya belajar matematika, salah
satunya menurut Wahyudin (2003, 7) yang mengemukakan bahwa alasan
perlunya belajar matematika, karena matematika merupakan (1) satu dari sekian
banyak pelajaran kurikulum sekolah yang penekanannya lebih besar daripada
pelajaran lain, ( 2) bernilai guna dari sejumlah sisi, (3) alat komunikasi yang
tangguh, singkat, padat dan tak memiliki arti ganda, (4) menghadirkan informasi
dalam berbagai cara misalnya grafik atau diagram, (5) kepentingan dan
kebergunaan bagi berbagai bidang pelajaran lain, dan (6) mengembangkan kemampuan
berfikir secara logis, akurasi serta kesadaran yang menyertainya.
Menurut
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003
materi pembelajaran yang menjadi objek belajar yaitu: Pendidikan Agama;
Pendidikan kewarganegaraan; bahasa; matematika; ilmu pengetahuan alam; ilmu
pengetahuan sosial; seni, budaya, dan olahraga; serta ketrampilan, kesenian,
dan muatan lokal.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (2006:346)
telah merumuskan tujuan pembelajaran setiap mata pelajaran. Adapun tujuan
pembelajaran mata pelajaran matematika yaitu:
1. Memahami konsep matematika, menjelaskan
keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara
akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah.
2. Menggunakan penalaran pada pola dan
sikap, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun
bukti atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
3. Memecahkan masalah yang meliputi
merancang model matematika, menyelesaikan dan menafsirkan solusi yang
diperoleh.
4. Mengkomunikasikan gagasan, simbol,
tabel, dan diagram untuk memperjelas keadaan suatu masalah.
5. Memiliki sikap menghargai kegunaan
matematika, rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar